5 Tips Untuk Pemula Pengguna Android Yang Harus Kamu Ketahui

Kami ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menyambut dengan hangat semua pembaca baru yang dapat menemukan smartphone Android terbaru dari Motorola, LG, HTC, Samsung, atau pabrikan lain di bawah pohon Natal kemarin. Selamat Datang di klub! Kami memiliki 5 tip untuk Anda dan semua pemula Android sehingga Anda tidak sepenuhnya sendirian untuk memulai dengan ponsel impian Anda.

  1. Perbarui perangkat
    Banyak perangkat tidak dilengkapi dengan firmware terbaru (perangkat lunak perangkat) saat pengiriman. Pembaruan perangkat bermanfaat dalam hal apa pun, karena kinerja yang lebih baik, perbaikan bug, versi Android baru, dan sejenisnya dapat diharapkan dengan setiap versi baru.

Beginilah cara kerjanya: Pertama-tama pastikan Anda terhubung ke WLAN, karena jumlah data yang ditransfer dengan pembaruan firmware bisa lusinan MByte dan volume transfer dengan tarif tetap seluler mencair. Lalu pergi ke Pengaturan -> Info telepon -> Pembaruan perangkat lunak (item menu terakhir juga bisa disebut “Pembaruan perangkat” atau yang serupa) dan ikuti petunjuk di layar. Perhatian: Pada beberapa perangkat Android, opsi yang disebut pembaruan OTA (over the air, analoginya: nirkabel) ini tidak tersedia, misalnya dengan ponsel Samsung. Di sini Anda harus menginstal perangkat lunak seperti Samsung KIES di komputer, menghubungkan ponsel ke PC melalui USB dan kemudian mencari pembaruan melalui perangkat lunak.

Setelah pembaruan firmware, kami hampir selesai. Sekarang mulai aplikasi Market dan cari pembaruan untuk aplikasi Google yang terinstal di bawah “Aplikasi Saya”, yaitu Google Maps, Gmail dan Co. Voil√† – ponsel sudah diperbarui.

  1. Gunakan sinkronisasi
    Salah satu keuntungan terbesar Android adalah Anda tidak perlu mencolokkannya ke komputer dan menghubungkannya ke perangkat lunak yang membengkak untuk menjaga data tetap sinkron. Data secara otomatis disinkronkan jika Anda menggunakan layanan Google seperti Gmail, Pustaka Google, Kontak Google atau Kalender Google. Omong-omong, akun Google sudah cukup – dapat digunakan untuk semua layanan Google.

Sinkronisasi artinya: Perubahan yang Anda buat di PC, yaitu data yang Anda tambahkan, email yang Anda tulis, feed langganan, janji yang Anda buat, dll. Akan langsung muncul di ponsel dan sebaliknya. Jika Anda tidak sepenuhnya paranoid Google, Anda harus menggunakan opsi ini. Misalnya, jauh lebih nyaman untuk mengelola kontak Anda di PC dan menyediakan gambar di sana daripada terus menggunakan kartu SIM yang mengganggu atau memori perangkat internal untuk manajemen nomor. Masuk akal juga untuk meneruskan semua akun email yang ada ke Gmail dan menyimpan semua email di satu tempat di masa mendatang. Mengapa begitu nyaman? Pertama-tama, semua data ada di web. Jika ponsel hilang, datanya tidak hilang (bahkan jika Anda harus mengganti sandi ponsel Anda sesegera mungkin). Mungkin Anda ingin memiliki ponsel Android baru dalam 6 bulan. Kemudian paling lambat Anda akan menghargai bahwa Anda hanya perlu masuk dengan akun pengguna Google Anda dan semua data Anda sudah ada di perangkat.

Hal yang sama berlaku untuk layanan lain: setiap aplikasi dapat mendaftar dengan Android untuk sinkronisasi. Misalnya, dimungkinkan untuk membawa teman Facebook yang telah memasukkan nomor ponsel mereka di profil mereka langsung ke buku alamat Android, asalkan aplikasi Facebook resmi telah diinstal.

Dan bagaimana dengan file? Nah, jika Anda ingin mentransfer file dari PC ke ponsel Anda, Anda memiliki lusinan pilihan. Salah satu yang paling nyaman dan elegan adalah Dropbox. Menggunakan aplikasi ini di Android (dan program yang sesuai di PC / Mac) sangat penting menurut kami. Contoh aplikasi: Anda telah menemukan file APK (format penginstal untuk aplikasi Android) di suatu tempat yang ingin Anda bawa ke perangkat dengan cepat. Di PC, Anda menyeret file ke folder Dropbox, dan Anda dapat langsung mengunduh dan menginstalnya di ponsel cerdas Anda. Hal yang sama berlaku untuk gambar, MP3, file Office, dan lainnya.

  1. Pasang peluncur alternatif
    Hampir semua ponsel Android hadir dengan antarmuka pengguna yang telah disesuaikan oleh produsen perangkat, seperti TouchWiz dari Samsung, MotoBlur dari Mototola atau Sense dari HTC. Antarmuka ini tidak selalu sempurna, tetapi karena Android adalah sistem terbuka, mereka dapat dengan mudah ditukar menggunakan apa yang disebut peluncur. Sebenarnya, peluncur hanyalah program starter, tetapi dipahami sebagai perubahan lengkap pada antarmuka pengguna dan layar beranda – sebagian besar menjadi lebih baik. Kami merekomendasikan menggunakan LauncherPro, ADW, atau Zeam Launcher ringan untuk perangkat yang lebih lemah.

Jangan kaget, manfaat dari peluncur alternatif tidak langsung terlihat. Kekuatan LauncherPro and Co. terletak pada konfigurasi dan opsi penyesuaian yang hampir tak ada habisnya yang – memang – harus dikerjakan. Ada banyak sekali tema untuk ADW.Launcher yang dengannya Anda dapat mempercantik layar beranda dan ikon program, LauncherPro memiliki dok yang dapat digulir dan memungkinkan Anda menggunakan ikon Anda sendiri di tempat yang sama dan banyak lagi. Itu mungkin terdengar biasa sekarang, tetapi itu benar: Anda dapat menemukan peluncur terbaik untuk kebutuhan Anda sendiri dengan mencobanya, bermain-main, dan mengujinya. Segera setelah itu:

  1. Penasaran (tapi tahan)
    Hal yang hebat tentang Android adalah Anda dapat melakukan banyak hal dengan OS ini, dan dengan berbagai cara. Selain apa yang terasa seperti selusin browser yang berbeda, mungkin ada banyak pemutar musik, aplikasi daftar tugas, aplikasi kamera, dan sebagainya. Tentu saja, Anda dapat membiarkan ponsel Android Anda dalam keadaan pengiriman dan menyukainya, tetapi Anda kehilangan semua kemungkinan yang tidak tersedia bagi pengguna dalam budaya monokultur seperti Apple. Itulah mengapa kami menyarankan: Penasaran. Baca blog dan situs berita, instal aplikasi dan cobalah, dapatkan tips dari teman, daftar di forum kami.

Tetapi Anda juga harus memperlambatnya: Hal ini cukup normal, terutama di awal, untuk mencoba banyak dengan Android, mengotak-atik dan menginstal banyak, banyak aplikasi. Bagaimanapun, Android adalah sistem yang mengundang Anda untuk melakukannya. Bantulah diri Anda sendiri: setelah minggu pertama Anda menggunakan Android, setel ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Anda membacanya dengan benar, hapus semuanya. Kenapa ini? Cukup sederhana: Biasanya, pada awalnya, Anda memuat banyak sekali software ke perangkat Android Anda yang “hanya ingin Anda coba sebentar” atau yang menurut Anda dapat “berguna”. Namun, perangkat yang ramping bekerja lebih cepat dan efektif mencegah pengguna dari kewalahan. Siapa pun yang kadang-kadang menghapus semua data dari perangkat mereka secara otomatis memfilter aplikasi yang tidak benar-benar mereka butuhkan dan mengenali esensi dari kebutuhan ponsel cerdas mereka. Kedengarannya lebih esoterik sekarang daripada yang seharusnya.

Tip membaca untuk mulai mencobanya: Daftar 10 aplikasi Android terbaik untuk pemula serta kategori aplikasi Android kami.

  1. Mengenal Android lebih baik
    Android adalah sistem yang selalu menarik. Oke, kami juga partisan, jadi pendapat kami mungkin tidak terlalu berarti. Tetapi sangat menyenangkan untuk menggali lebih dalam dan mempelajari tentang sejarah, fungsionalitas, dan struktur Android. Misalnya, episode di Android dari podcast Chaosradio Express yang juga layak untuk disimak, memberikan wawasan tentang Android yang cukup sarat teknologi, tetapi juga menarik bagi para pemula. Dan tentu saja, membaca androidnews.de secara teratur juga bermanfaat. Silakan tandai browser Anda atau berlangganan RSS feed kami. Kami menantikan setiap pembaca baru.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *